Hualoo.. Lagi pada ngapain? Dari pada bengong aja mending sharing bareng yuk..
Beberapa bulan kemaren, kalo gak salah bulan Mei 2013, tepatnya tanggal berapa lupa, aku sama temen2 Embrio di Amikom Game Dev baru aja ngerilis game berplatform Android. Judulnya Sapi Gila, kalo di bahasa jawain namanya Sapi Gendeng.
Jadi Sapi Gila adalah project game pertama kita setelah gabung di Amikom Game Dev. Kita nyelesein game Sapi Gila ini kurang lebih 1 bulan. Eh, kayaknya pas 1 bulan ding. Bisa di bilang lumayan cepet untuk pemula seperti kita ini.
Eh, tunggu deh. Kok Kita? Emang yang buat berapa orang? Bukan lu sendiri ye?
Project Sapi Gila ini dibuat oleh 15 ekor, eh orang maksudnya (kalo gak salah ya, aku lupa). Nah, 15 orang ini ada bidangnya masing-masing, ada :
1. Produser : Tugasnya ngedeadline semua pekerjaan
2. Game Designer : Bertugas membuat ide game
3. Programmer : Tugasnya ngeprogram supaya gamenya jalan
4. 2D Artist : Bertanggung jawab penuh terhadap smua yang keliatan di game, mulai karakter, background, Interface, dll.
5. Sound Engineer : Semua suara yang terdengar di game tugasnya dia
Kebayangkan gimana repotnya kalo bikin game sendiri? Ya bisa sih, asal bisa nguasain semua yang udah disebutin tadi. Kalo aku sendiri sampai saat ini belom bisa :D
Oo gitu, terus urutan kerjanya gimana?
Pertama, Game Designer nentuin Ide gamenya. Setelah itu dirapatin sama semua Tim. Rapat Tim ini sangat penting, kita bisa sekaligus brainstorming tentang game yang nantinya akan dibuat. Biasanya seiring pengerjaannya akan ada revisi-revisi.
Setelah itu semua divisi, ngerjain tugasnya masing-masing. Nah, smua tugas ini dikasih deadline, yang ngehandle semua deadline ini tugasnya produser.
Karna aku anak 2D Artist, jadi aku bakalan lebih banyak nerangin gimana anak 2D Artist bekerja. Hohoo.. Di project sapi gila ini, divisi 2D Artist ada 4 orang. Aku kebagian tugas bikin background sama coloring.
Tugas pertama adalah menerjemahkan atau memvisualisasikan ide Game Designer. Biasanya Game Designer cuma menggambar kotak-kotak atau bulet aja, nah disinilah tugas 2D Artist. Bagaimana cara kita memvisualisasikan sebuah kotak-kotak itu menjadi gambar yang menarik.
1. Kita mulai dari Karakter
Membuat karakter bukan hanya menggambar tampak samping, depan atau belakang saja, tapi juga harus bisa menggerakannya. Nah gerakan gerakan atau animasi ini disebut dengan sprite (eh, tulisan spritenya bener gak ya. Hihi)
2. Background
Background di game gak cuma pas di game play nya aja ya, tapi juga kayak pas mode pause, terus pas game berakhir dan nampilin skor tertinggi, itu juga masuk dalam kategori background. Ni contohnya :
Background Gameplay |
Background Game Over |
Oya, buat background yang di gameplay nya itu harus bisa di looping, supaya gambarnya bisa diulang terus menerus.
3. Interface
Tombol, papan skor, dan penunjang-penunjang lainnya di game masuk dalam kategori interface.
4. Yang terakhir itu ada visual effect
Misal di game petualangan terus ada api yang menyala, itu masuk kategori visual effect.
Contoh visual effect koin yang berputar.
Pokoknya smua yang kelihatan di game itu tugasnya 2D Artist.
Wih, banyak amat. Terus kalo misal gambar yang kita buat gak cocok ama yg di pikiran Game Designer gimana?
Ya kamu harus ngulang. Dulu aku pernah ngerevisi beberapa kali karna gak sama kayak yg dipikirin Game Designer. Capek banget . Sombret.
Biar gak kejadian ngerevisi terus, kalo mau bikin gambar di sketsa dulu terus di kasihin ke Game Designernya. Kalo udah fix, baru di garap.
Bikin gambarnya pake software apa?
Aku pake Photoshop. Tapi bisa juga pake corel atau SAI. Softwarenya apa aja bisa kok, yang penting bisa ngehasilin ekstensi Jpeg dan PNG.
Setelah semua gambar jadi, tinggal dikasihin ke Programmer. Terus programmer yang ngolah biar bisa dimainin. Habis itu sound engineer yang kerja bikin suara-suara.
Beres semua tinggal kasih ke Game Tester. Game Tester ini yang pertama kali nguji game kita. Nantinya kalo ada bug atau eror, game tester bakalan ngasih tau ke programmer errornya dimana. Terus di perbaiki deh. Ngomong-ngomong soal game tester, kerja mereka itu cuma main game aja lho. Jadi buat kamu yang mainiak gamenya sampe level tahan 2 hari gak makan demi main game, bisa tu nyoba jadi game tester. Enak kan, main game tapi dibayar. Hihii
Nah, setelah eror ditemukan dan diperbaikin, saatnya dirilis ke publik. Bisa upload ke google play. Jadi deh.
Widih, ribet juga ya?
Ya lumayan sih. Asal punya niat, kamu pasti bisa kok. Pokoknya bilang aja “Buat Game Android Itu Gampang” pasti jadi gampang beneran. Huehehehehehe
Yang mau download game sapi gilanya bisa disini . Gamenya masih cupu, di maklumin ya :p
Oya, yang mau request tutorial kayak cara bikin background game atau koin yang bisa berputar boleh lho. Langsung komen aja dibawah sini. Udah dulu ya, keep making yang epic-epic!
Oya, yang mau request tutorial kayak cara bikin background game atau koin yang bisa berputar boleh lho. Langsung komen aja dibawah sini. Udah dulu ya, keep making yang epic-epic!
6 komentar
codingnya, ini di flash atau di eclipse ya bro ?
BalasHapusItu gak make flash bro. makenya java
Hapuspake bahasa java ya ini programmer nya?
BalasHapusYoi. Tapi jangan tanya gimana scriptnya :D
Hapus+1 deh, buat temen temen amikom yang udah coba bikin game.
BalasHapusdan udah di unggah ke playstore. kadang desainer juga butuh programer ~
Iya suf, saling berkaitan :D
Hapus